Makna Halal Bihalal

Halal Bihalal dua kata yang sering diucapkan dalam suasana ‘Idul Fitri, adalah satu dari istilah-istilah keagamaan yang hanya dikenal masyarakat Indonesia. Istilah itu sering menimbulkan tandatanya tentang makna, kebenaran dari segi bahasa, walaupun sadar tujuannya menciptakan keharmonisan sesama manusia.

Dari segi hokum kata Halal dihadapkan dengna kata Haram; yaitu sesuatu yang terlarang sehingga pelanggarannya berakibat dosa dan siksa. Halal adalah sesuatu yang diperbolehkan serta tidak mengundang dosa. Maka, Halal Bihalal adalah menjadikan sikap kita terhadap pihak lain yang tadinya Haram dan berakibat dosa menjadi halal dengan jalan memohon maaf. Yang dikemukakan diatas, hakikatnya belum menunjang tujuan keharmonisan hubungan karena ada kata yang dijumpai (halal ≠ makruh); yang tidak disenangi dan sebaiknya tidak dikerjakan. Maka, ada baiknya maka halal bihalal tidak dikaitkan dengan hokum.

Dari segi bahasa kata halal memiliki arti yang beragam diantaranya; menyelesaikan problem, meluruskan benang kusut, melepaskan ikatan dan mencairkan yang beku. Jika demikian maka halal bihalal merupakan aktifitas yang mengantarkan para pelakuknya untuk meluruskan benang kusut, menghangatkan hubungan yang tadinya beku sehingga cair, melepaskan ikatan yang membelenggu serta menyelesaikan problem yang menghadang keharmonisan hubungan.

Itulah substansi halal bihalal atau istilah tersebut enggan anda gunakan katakanlah itu merupakan hakikat ‘idul fitri sehingga semakin banyak atau sering mengulurkan tangan dan berlapang dada dan semakin parah luka hati yang anda obati dengan memaafkan maka semakin dalam pula penghayatan dan pengalaman anda terhadap hakikat halal bihalal. Betul memang khas Indonesia namun hakikatnya adalah anjuran Islam.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s